KULIAH UMUM KULIAH

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (Prodi PPKn FKIP UAD) mengadakan Kuliah Umum dengan tema Urgensi Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum Tahun 2014. Kegiatan yang berkerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta diselenggarakan di Auditorium kampus II UAD pada hari Sabtu, 15 Maret 2014.

Dalam sabutannya Kaprodi PPKn UAD Dra. Sumaryati, M.Hum, Kegiatan yang diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa di Lingkungan Prodi PPKn FKIP UAD memiliki tujuan yaitu munculnya hasrat, memotivasi dan akhirnya berkontribusi lalu melatih diri utuk memilih pemimpin terbaik untuk masa depan bangsa dan negara.

Farid B. Siswantoro, sebagai pembicara dari KPU DIY menjelaskan bahwa ada beberapa tujuan dan manfaat dari pemilihan umum antara lain (1) Diperolehnya keterwakilan politik: Pemilu merupakan sarana untuk memilih wakil-wakil dari kelompok masyarakat yang berbeda-beda, sehingga lembaga perwakilan rakyat akan benar-benar merupakan cerminan proporsional kondisi masyarakatnya; (2) Upaya integrasi nasional: Pemilu merupakan sarana untuk menyalurkan perbedaan kepentingan yang ada di masyarakat ke dalam muara yang terbatas; sehingga potensi konflik dapat diredam & dibatasi lewat kerja-kerja lembaga perwakilan; dan (3) Pemerintahan yang efektif: Pemilu merupakan sarana menemukan orang-orang yang akan menduduki posisi-posisi kunci secara legitimate;

Kuliah umum yang diselenggarakan ini menjadi penting karena mahasiswa merupakan pemilih pemula yang memerlukan pemahaman tentang pemilu secara komprehensif dan juga dengan kegiatan ini diharapkan menghindari golput dan akhirnya menjadi pemilih cerdas, ujar Dikdik Baehaqi Arif, M.Pd. Salah satu Dosen Prodi PPKn FKIP UAD.

Download Materi Kuliah Umum : Merawat Pemilih Muda utk Pemilu 2014 – FBS KPU DIY

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA *