Yogyakarta (16/4/2018) Bertempat di Tjokro Style Hotel Yogyakarta, Program studi PPKn FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) selenggarakan Pelatihan Pengembangan Materi Pembelajaran dan Proses Penerbitan Materi Ajar bagi Dosen PPKn. Acara yang dibuka resmi oleh Wakil Dekan FKIP UAD, Dr. Suparman, M.Si.,DEA itu menghadirkan Prof. Dr. Kokom Komalasari, M.Pd. (Guru Besar dan Dosen Departemen Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia), dan Hatib Rahmawan, S.Pd.,S.Th.I.,M.Ag. (Kepala UAD Press).

Dalam sambutannya, Wadek FKIP berpesan agar bahan ajar yang dihasilkan dosen PPKn UAD harus memiliki penciri UAD, yaitu menyisipkan nilai-nilai Islam sebagaimana dipahami oleh persyarikatan Muhammadiyah. “Dengan penciri itu, buku ajar dapat memberikan kemaslahatan untuk umat”, tegasnya. Buku ajar juga harus merupakan bagian dari karya Tri Dharma Perguruan Tinggi, lanjutnya. Hadir sebagai peserta adalah dosen-dosen di Program Studi PPKn FKIP UAD.

Prof. Kokom menantang para dosen untuk menulis buku ajar. “Tulislah buku ajar, kemudian manfaatkanlah buku ajar itu dalam proses perkuliahan” tantangnya. Mahasiswa dapat memanfaatkan buku ajar  untuk mengembangkan keterampilan mereka, antara lain keterampilan merujuk (reference skill), keterampilan pemahaman (comprehension skills), keterampilan menganalisis dan mengkritisi (analytical and critical skills), keterampilan mengembangkan imajinasi (imaginative skill), dan keterampilan membuat catatan (note-making skill), lanjut pemateri yang banyak menulis tentang pembelajaran kontekstual (contectual teaching and learning).

Dra. Sumaryati, M.Hum, Ketua Program Studi PPKn menyebut target pelatihan ini adalah terbitnya minimal satu buku ajar pada setiap rumpun keilmuan pada Program Studi PPKn. Seperti disampaikan Sumaryati, Program Studi PPKn memiliki rumpun keilmuan kewarganegaraan, pedagogik, filsafat moral/etika, pendidikan hukum, dan sosial dan politik lanjut Kaprodi yang tengah menyelesaikan studi doktoralnya di UGM.

Sementara itu, Hatib Rahmawan menguraikan proses penerbitan buku pada UAD Press yang merupakan bagian dari Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah LPPI UAD. Bagi Hatib, menulis adalah untuk eksistensi diri, ladang pahala jariyah, serta ujrah (pendapatan) dan ajrun (pahala). (dba).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA *