Pelatihan Buletin Kewarganegaraan dan Essay PPKn

Farizal Akhmad sedang menyampaikan materi pelatihan

Yogyakarta (14/4/2018) Libur nasional Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2018 dimanfaatkan Program Studi PPKn FKIP Universitas Ahmad Dahlan dengan menyelenggarakan Pelatihan Buletin Kewarganegaraan dan Essay bagi Tim Buletin PPKn 2018-2019. Pelatihan yang dilaksanakan di Ruang Workshop PPG PPKn Kampus 2 UAD dilakukan untuk menjaga keberlangsungan terbitan Buletin Kewarganegaraan yang diterbitkan Program Studi PPKn.

Pelatihan menghadirkan tiga pemateri, Farizal Akhmad, S.Pd. (Seksi Wartawan Olahraga PWI DI Yogyakarta, Jurnalis PSIM Yogyakarta dan alumni Program Studi PPKn UAD) menyampaikan tentang Dasar-dasar Jurnalistik; Mila Rosalia (Direktur TV UAD, dan mahasiswa Program Studi PPKn UAD) membahas Penulisan Fiksi; dan Sindi Aspika Estu Pratiwi (Redaktur dan Editor Buletin Kewarganegaraan Program Studi PPKn) melatih layout buletin/majalah.

Acara yang dibuka Dr. Suparman, M.Si.,DEA (Wakil Dekan FKIP UAD) juga dihadiri Dikdik Baehaqi Arif, Sekretaris Program Studi PPKn. “Jurnalisme kewargaan (citizen journalism) menjadi bagian dari kompetensi yang perlu dimiliki mahasiswa PPKn UAD” imbuh Dikdik. Selain itu, sesuai visi misi Program Studi PPKn UAD, Buletin Kewarganegaraan harus menjadi media dakwah Islam amar ma’ruf nahyi munkar, pinta Dikdik.

Wadek FKIP mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Prodi PPKn dan menantang mahasiswa untuk tidak hanya menulis dan menerbitkan news, tetapi juga menulis opini atau artikel populer di media massa. “Keberhasilan pelatihan ini dibuktikan dengan terbitnya artikel populer di media massa” tegas Wadek yang juga Ketua program studi magister Pendidikan Matematika FKIP UAD.

Pelatihan diikuti 15 mahasiswa Program Studi PPKn calon anggota tim buletin kewarganegaraan. Pelatihan dihadiri juga anggota tim buletin kewarganegaraan periode 2017-208, dan dosen Program Studi PPKn UAD. (dba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA *