Terdapat lima kompetensi lulusan Prodi PPKn FKIP UAD, yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi teknologi.

Standar Kompetensi Kepribadian

  1. Memiliki kemandirian dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai pendidik;
  2. Memiliki sikap dan perilaku islami dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai pendidik;
  3. Memiliki sikap dan perilaku yang demokratis dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai pendidik;
  4. Menjujung nilai-nilai etis, menjaga  moralitas dalam melaksanakan profesi sebagai pendidik;
  5. Dapat menghargai, menghormati, dan menerima berbagai perbedaan/pluralitas kehidupan siswa/manusia;
  6. Selalu kreatif dan inovatif dalam melaksanakan profesi sebagai pendidik;
  7. Memiliki sikap untuk melakukan internalisasi nilai-nilai keislaman, nilai-nilai Pancasila dan peraturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat;
  8. Mampu mengedepankan aspek moral, seperti kejujuran, kesopanan, kesederhanaan, keadilan, keteguhan, rasa tolong menolong, toleransi dalam bersikap dan berperilaku di lingkungan kerja dan lingkungan masyarakat.

Standar Kompetensi Pedagogik

  1. Mampu mengenal karakter, model, gaya belajar peserta didik;
  2. Mampu menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran  PKn;
  3. Mampu mengembangkan kurikulum PKn;
  4. Mampu mengembangkan dan melaksanakan berbagai model pembelajaran, media pembelajaran, dan strategi pembelajaran PKn;
  5. Mampu merancang instrument pembelajaran PKn;
  6. Mampu melaksanakan praktik pembelajaran PKn; dan
  7. Mampu melakukan penilaian dalam pembelajaran PKn (remedial program).

Standar Kompetensi Profesional

  1. Melaksanakan tugas sebagai guru yang professional dalam bidang studi PKn dan tata Negara, dalam arti menguasai materi secara mendalam dan mampu mengelola pembelajaran, baik di SLTP/MTs, SMU/MA/SMK;
  2. Melaksanakan pekerjaan tambahan di luar bidang keguruan, seperti pembinaan PMR dan Pramuka;
  3. Mengembangkan PKn sebagai ilmu dan bidang kajian, untuk kepentingan pendidikan maupun pengembangan ilmu, terutama politik, hukum, tata negara, dan moral melalui kegiatan penelitian;
  4. Mengamalkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki serta cepat tanggap terhadap berbagai persoalan moral warga negara dan berbagai persoalan sosial masyarakat.

Standar Kompetensi Sosial

  1. Mampu berkomunikasi, menyesuaikan, dan membawakan diri di semua tempat dan lingkungan;
  2. Memiliki kepekaan dan kepedulian sosial yang tinggi;
  3. Memiliki jiwa tanggap bencana;
  4. Mampu mengidentifikasi, memformulasi, dan menyelesaikan permasalahan kependidikan terutama yang berhubungan dengan aspek social da moral;
  5. Mampu menjadikan lingkungan masyarakat memiliki pemahaman terhadap masalah-masalah PKn, sosial , hukum, politik, dan  moral;
  6. Mampu bekerja sama dengan semua pihak yang relevan (instansi terkait, teman sejawat, siswa, orang tua/wali, pimpinan, dan anggota masyarakat);
  7. Mampu megelola dan mensikapi secara arif dan bijaksana berbagai konflik yang timbul.

Standar Kompetensi Teknologi

  1. Menguasai dasar-dasar komputer dan internet; dan
  2. Mampu menguasai dan menerapkan pembelajaran berbasis IT