Kunjungan UIN IMMIM

Rombongan dari UIN Sumatera Utara dan IMMIM Makasar berfoto bersama dengan dosen Prodi PPKn UAD

Jum’at (9/10/2015), Program Studi PPKn FKIP Universitas Ahmad Dahlan mendapat kunjungan UIN Sumatera Utara dan Pondok Pesantren IMMIM Makasar. Kunjungan ini sebagai tindak lanjut dari Pelatihan Akhlak Kemanusiaan bagi Pendidik Muslim yang telah diselenggarakan oleh Program Studi PPKn yang bekerjasama dengan ICRC Jakarta di Solo (4-8 Oktober 2015).

Berlangsung di R PPG PPKn, rombongan yang terdiri atas Dr. Zulhedi, MA (Dosen Pendidikan Bahasa Arab UIN Medan) dan Drs. Salim, M.Pd (Dosen PGMI UIN Sumatera Utara), dan Ustadz M Farid (Pondok Pesantren IMMIM Makasar) itu diterima langsung Kaprodi dan Civitas Akademika Program Studi PPKn UAD. Turut menyambut Dr. Suparman, M.Si.,DEA (Wadek FKIP UAD), Rahmat Muhajir Nugroho (Dekan Fakultas Hukum UAD), dan Mufti Khakim, SH,MH (Dosen Fakultas Hukum UAD), serta Priyo Suwono, S.Pd. (Alumni Prodi PPKn dan Guru di SMP Muhammadiyah Pakem).

Kunjungan itu dimaksudkan dalam rangka menjalin silaturahim antar lembaga pendidikan tinggi tenaga keguruan dan antar pondok pesantren dengan pendidikan tinggi. Disamping itu, pembicaraan difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran hukum humaniter dan kepalangmerahan yang diselenggarakan Prodi PPKn UAD dan kemungkinan untuk menerapkan dan memperluas kajian itu di UIN Sumatera Utara. Dari sisi pondok pesantren, M Farid menjajaki kemungkinan lulusan IMMIM yang telah mendapatkan pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) PMI untuk diterima Program Studi PPKn melalui jalur khusus dan pengakuan Sertifikat Diklatsar PMI sebagai setara dengan mata kuliah hukum humaniter dan kepalangmerahan.

Di akhir kunjungan, rombongan diajak untuk berkeliling Kampus UAD dan melaksanakan shalat jum’at di Masjid Ahmad Dahlan, Komplek Islamic Center Kampus 4 UAD. (dba)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA *