Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Prodi PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Workshop RPS dan RPM bagi dosen Prodi PPKn FKIP UAD bertempat di Hotel Ros-In Yogyakarta (9-11/4/16).

Dekan FKIP UAD, Dr. Trikinasih Handayani, M.Si dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa workshop RPS dan RPM harus rutin diadakan khususnya di Prodi PPKn FKIP UAD sehingga mutu materi dan pembelajaran tiap semester selalu berkembang.

Dra. Sri Tutur Martaningsih, M.Pd. Kepala Badan Pengembangan Akademik UAD menyampaikan dalam materinya yaitu Kurikulum diperguruan tinggi mengalami perubahan dari waktu ke waktu sebagai implementasi perubahan kebijakan yang berlaku. Perubahan kurikulum berbasis keilmuan yang mengutamakan penguasaan materi, ke arah kurikulum berbasis kompetensi menuntut perubahan implementasi pada strategi penyampaian perkuliahan hingga evaluasi.  Pencapaian visi, misi, dan tujuan pendidikan Universitas Ahmad Dahlan menuntut pemahaman, komitmen, peran serta, dan kreativitas yang tinggi seluruh civitas akademika. Implementasi langkah pencapaian tujuan perguruan tinggi di antaranya melalui pengembangan kurikulum oleh program studi sesuai ketentuan yang berlaku. Kurikulum menjadi acuan dalam penyelenggaraan pendidikan pada tingkat universitas, fakultas, program studi. Sehingga, daya saing kualitas lulusan UAD sebagai generasi bangsa dapat ditingkatkan dan dipahami oleh berbagai pihak yang berkepentingan.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh dosen dilingkungan Prodi PPKN FKIP UAD pada hari pertama dilakukan diskusi menurut rumpun keilmuan, terbagi dalam empat rumpun keilmuan mata kuliah Inti dan ketua rumpunnya yakni Filsafat/Moral, Ilmu Hukum, Kewarganegaraan, Sosial Politik, Pedagogik dan rumpun keilmuan mata kuliah Institusional. Sedangkan pada hari berikutnya melakukan diskusi RPS sesuai dengan rumpun keilmuan Inti dan Institusional sehingga RPS mata kuliah Prodi PPKn sesuai target yang diharapkan. (dba)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA *