Dr. Samsuri M.Ag

Program Studi PPKn kembali menyelenggarakan kegiatan akademik dalam bentuk Kuliah Umum. Hadir sebagai pembicara Dr. Samsuri, S.Pd.,M.Ag, Ketua Jurusan PKnH Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan yang mengambil tema “Paradigma Baru PKn Kurikulum 2013” itu dilaksanakan hari Ahad, 15 September 2013 di Ruang Auditorium Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan.

Dalam penyampaian makalahnya, Dr. Samsuri, S.Pd.,M.Ag menyatakan bahwa kebijakan pendidikan tentang kurikulum sekolah berhubungan erat dengan kepentingan politik pendidikan nasional terhadap situasi dan konteks yang mendukungnya. Sebagai contoh, Kurikulum 2013 dilahirkan dengan dua faktor berikut. Pertama, faktor internal sehubungan kondisi delapan standar nasional pendidikan yang telah berjalan dan faktor demografi Indonesia menjelang 100 tahun Indonesia merdeka. Kedua, faktor eksternal yang mendorong kesiapan Indonesia memasuki era globalisasi dan keikutsertaan Indonesia dalam sejumlah kegiatan riset internasional tentang kemelekbahasaan, matematika, dan sains, seperti TIMSS (Trends in Mathematics and Science Study) dan PISA (Program for International Student Assesment). Dalam konteks Pendidikan Kewarganegaraan, sebenarnya menurut pembicara ada hasil penelitian International Civic and Citizenship Studies (ICCS) pada tahun 2009 yang dapat dijadikan landasan perubahan kurikulum. Namun sayang, pengembang kurikulum 2013 terutama berkaitan dengan kecakapan hidup kewarganegaraan sama sekali tidak mempertimbangkan hasil ICCS tersebut. Disamping itu, pembicara menyoroti adanya inkonsistensi penggunaan nomenklatur antara Pendidikan Kewarganegaraan di dalam PP RI No. 32 Tahun 2013 dan Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi dengan implementasi kerangka kurikulum 2013 yang menggunakan nama mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Kegiatan kuliah umum dihadiri para dosen dan mahasiswa PPKn semua angkatan. Peserta cukup antusias dan terlibat aktif dalam kegiatan. Kuliah umum yang dibuka oleh Wakil Dekan FKIP, Dr. Suparman, M.Si.,DEA, ditutup dengan pembagiaan door prize kepada para peserta yang beruntung. (DBA)

One thought on “Kebijakan Kurikulum Berhubungan Erat dengan Politik Pendidikan Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA *