Prosiding KNKn III

PROSIDING KONFERENSI NASIONAL KEWARGANEGARAAN III

e-ISSN 2599-008X | p-ISSN 2598-5973

Cover Depan

SUBTEMA 1 TRANSFORMASI NILAI-NILAI PROFETIK DALAM KAJIAN PPKN

  1. Aris Riswandi Sanusi, Yudi Firmansyah. Peran Pondok Pesantren Nihayatul Amal dalam Melaksanakan Pendidikan Politik Demi Terciptanya Budaya Politik Pancasila
  2. Mariyani. Strategi Pembentukan Kewarganegaraan Ekologi
  3. Dedy Ari Nugroho. Penguatan Ecological Citizenship melalui Penerapan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis Masyarakat
  4. Setiawan Gusmadi. Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) dalam LSM untuk Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Sosial
  5. Nurhadi. Aktualisasi Nilai-nilai Profetik dalam Pembelajaran PPKn
  6. Zulkarnain. Warga Negara Religius sebagai Identitas Kewarganegaraan di Indonesia
  7. Benaziria. Peranan Sekolah Berbasis Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Toleransi Antarumat Beragama
  8. Elan, Deni Zein Tarsidi. Upacara Adat Ngarot: Spiritualitas dan Gotong Royong Masyarakat Sumedang
  9. Dian Chrisna Wati, Dikdik Baehaqi Arif. Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa
  10. Siska Diana Sari.  Cinta Tanah Air dan Salafus Shalih

SUBTEMA 2 GOOD PRACTICES PEMBELAJARAN PPKN DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR, MENENGAH, DAN PENDIDIKAN TINGGI

  1. Supentri, Yuliantoro. Kultur Pembelajaran MKU Pendidikan Pancasila di Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Riau
  2. Emi Ramdani. Penguatan Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Kontekstual Learning Berbasis Kearifan Lokal
  3. Jumiati Nur. Hubungan antara Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran PPKn
  4. Mardiana. Hubungan antara Minat Belajar dan Hasil Belajar PPKn Murid
  5. Rismawati. Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar PKn
  6. Yogi Nugraha, Lusiana Rahmatiani. Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah
  7. Alfurkan. Implementasi Kantin Kejujuran sebagai Garda Pendidikan Antikorupsi untuk Pembentukan Karakter Jujur Warga Negara Muda
  8. Delfiyan Widiyanto. Pembelajaran Toleransi dan Keragaman dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah
  9. Mochamad Arinal Rifa. Strategi Pengembangan Kecerdasan Moral Siswa dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Boarding School di SMA Sains Al-Quran PP Wahid Hasyim
  10. Tri Desti. Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Karakter Kebangsaan pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
  11. Diana Noor Anggraini. Kontribusi Model Education Sustainable Development dalam Pembelajaran PKn terhadap Kompetensi Kewarganegaraan
  12. Ali Imron. Strategi Pembelajaran berbasis Social Learning Space Design melalui Model Small Research pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan: Pengalaman di Universitas Negeri Surabaya

SUBTEMA 3 INOVASI PEMBELAJARAN PPKN DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR, MENENGAH, DAN PENDIDIKAN TINGGI

  1. Elly Hasan Sadeli, Efi Miftah Faridli, Banani Ma’mur. Peningkatan Kedisiplinan dan Kerjasama Mahasiswa pada Mata Kuliah Pendidikan Karakter Berbasis Lesson Study
  2. Auliya Aenul Hayati. Manifestasi Konsep Living Values Education (LVE) pada Materi Hak dan Kewajiban Warga Negara melalui Kegiatan Konservasi Mangrove Mahasiswa Unswagati Cirebon
  3. Fatahillah. Pembekalan Literasi Nilai Kebangsaan dan Kebudayaan bagi Calon Guru berdasarkan Prinsip Andragogi sebagai Bagian Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah Dasar
  4. Susan Fitriasari, Riyan Yudistira. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis Green Constitution di Sekolah Menengah Atas
  5. Eko Priyanto, Ratna Kartikawati, Wildan Nurul Fajar. Mengembangkan Karakter Mahasiswa melalui Lesson Study Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
  6. Elfahmi Lubis. Rekonstruksi Kurikulum PKn Bermuatan Pendidikan Antikorupsi
  7. Tukiran, Wildan Nurul Fajar, Muhammad Abduh. Pengembangan Nilai-nilai Demokrasi dengan Model Pembelajaran Diskusi Kelas

SUBTEMA 4 MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PPKN DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR, MENENGAH, DAN PENDIDIKAN TINGGI

  1. Muhajir. Pembelajaran Strategi Inquiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  2. Nana Najmina. Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Cooperatif Learning Tipe Group Investigation (GI) dalam Mata Pelajaran PPKn
  3. Dian Nastiti. Implementasi Karakter Tanggung Jawab dalam Pembelajaran PPKn melalui Model STAD (Student Team Achievement Divisions) berbasis Joyfull Learning
  4. Nufikha Ulfah. Penerapan Pendekatan Active Learning pada Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi sebagai Upaya Mengembangkan Kompetensi Kewarganegaraan
  5. Mutiara Nurmanita. Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Penyelidik untuk Membentuk Sikap Demokratis Siswa di Sekolah Menengah Atas
  6. Julita Widya Dwintari. Strategi Pembelajaran PPKn untuk Pengembangan Sikap Toleran Peserta Didik di Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK
  7. Esty Rahmayanti. Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA
  8. Primandha Sukma Nur Wardhani. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn
  9. Yesi Eka Pratiwi. Pengembangan Civic Disposition dengan Model Pembelajaran VCT Berbasis Couple Team
  10. Miko Nugroho. Inovasi Pembelajaran PPKn Menggunakan Metode Role Playing
  11. Sulistiani. Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal dalam Membentuk Jiwa Profetik-Patriotik Peserta Didik
  12. Nani Nur’aeni. Alternatif Model Pembelajaran Kreatif untuk Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Saintifik

SUBTEMA 5 ISU-ISU KE-INDONESIAAN DAN KEMANUSIAAN DALAM PERSPEKTIF SOSIAL POLITIK, HUKUM, PENDIDIKAN, FILSAFAT MORAL/ETIKA

  1. Muhamad Saleh, Yayuk Hidayah. Pendidikan Kewarganegaraan: Sebuah Refleksi Menjawab Tantangan Indonesia Kini
  2. Alil Rinenggo, Suprayogi, Puji Lestari. Sikap Kontra Perempuan Desa Tegaldowo terhadap Pembangunan Pabrik Semen Indonesia di Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang
  3. Triwahyuningsih. Pengaturan Hukum Ormas Asing di Indonesia
  4. Laros Tuhuteru. Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Peningkatan Pembentukan Karakter Bangsa di Tengah Arus Globalisasi
  5. Nurul Febrianti. Pendidikan Kewarganegaraan: Mewujudkan Kesetaraan Gender
  6. I Ketut Damana. Urgensi Penegakan Hukum Pengurus dalam Upaya Tantangan Global terhadap Dosen
  7. Fredik Lambertus Kollo. Budaya Patriarki dan Partisipasi Perempuan dalam Bidang Politik
  8. Asmika Rahman. Peran Sekolah Sebagai Sarana Sosialiasai Politik untuk Meningkatkan Partisipasi Politik pada Pemilih Pemula
  9. Rd. Sugara M Haddad, Muhamad Hijran. Model Kepemimpinan Politik Sunda dalam Konteks Pendidikan Politik (Studi Kasus Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi)
  10. Sumaryati. Menuju Masyarakat Demokratis melalui Pendidikan Hukum yang Holistik
  11. Yana Suryana. Eksploitasi Perempuan Berbasis Teknologi
  12. Dede Darkam. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Majalengka dan Pengembangan Partisipasi Politik Warga Negara
  13. Mufti Khakim. Penegakan Hukum dan Implementasi Pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 tentang Persamaan Kedudukan di Hadapan Hukum
  14. Edi Kusnadi, Dadan Iskandar. Peranan Tokoh Masyarakat dalam Membangun Partisipasi Kewargaan Pemuda Karang Taruna

SUBTEMA 6 MENEGUHKAN KOMITMEN KEBANGSAAN DAN KEUMATAN: PERSPEKTIF SOSIAL POLITIK, HUKUM, PENDIDIKAN, FILSAFAT MORAL/ETIKA

  1. Annisa Istiqomah. Pembangunan Identitas Nasional dalam Konteks Masyarakat Multikultural Melalui Situs Kewarganegaraan Berbasis Agama
  2. Tetep. Menggali Nilai-nilai Karakter Sosial Erich Fromm dalam Meneguhkan Kembali Jati Diri ke-bhinneka-an Bangsa Indonesia
  3. Abdul Gofur. Reaktualisasi Pancasila sebagai Upaya Preventif Radikalisme di Indonesia
  4. Gustilianto. Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Membangun Warga Negara yang Baik (Good Citizen)
  5. Makarius Erwin Bria. Penguatan Wawasan Kebangsaan Peserta Didik di Daerah Perbatasan RI-Timor Leste Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
  6. Tolak Totok. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa
  7. Rahmat Wijayanto. Meneguhkan Kembali Jiwa Patriotik Generasi Muda melalui Semangat Bela Negara dalam Upaya Menjaga Keutuhan NKRI
  8. Anggara Pramana Putra, Gushidayat Afriandi, Indah Fajar Lestari. Gerakan GARSILA (Garda Pancasila) sebagai upaya Penanggulangan Radikalisme di Indonesia berbasis Social Control
  9. Alhafizh Mahardika. Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal sebagai Peneguh Komitmen Kebangsaan dan Keumatan
  10. Asep Mahpudz. Meneguhkan Pancasila sebagai Ideologi Negara, Membumikan Pancasila untuk Kelangsungan Hidup Bangsa Indonesia
  11. Anom Wahyu Asmorojati. Pengaturan Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Tinjauan Negara Kesatuan
  12. Norma Sari. Analisis Dampak Perjanjian Trans Pacific Partnership (TPP) terhadap Perlindungan Konsumen Obat di Indonesia
  13. Suyahman. Peningkatan Mutu Pembelajaran PPKn melalui Penerapan Model Pembelajaran Interaksi Sosial Terpadu dengan Modifikasi Tingkah Laku di SMP Negeri 1 Kartasura Tahun 2017/2018

Kampus 4 (Kampus Utama)

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext. –
Faximille : 0274-564604
Email : bsi[at]uad.ac.id

Lokasi Kami

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960