Peserta Pelatihan Akhlak Kemanusiaan PPKn UAD dan ICRC Jakarta

Peserta Pelatihan Akhlak Kemanusiaan PPKn UAD dan ICRC Jakarta

Bertempat di Hotel Lor-In Solo, Prodi PPKn menyelenggarakan Pelatihan Akhlak Kemanusiaan bagi Pendidik Muslim. Kegiatan yang merupakan kerjasama antara Prodi PPKn FKIP Universitas Ahmad Dahlan dengan ICRC Jakarta ini dilaksanakan Ahad-Kamis, 4-8 Oktober 2015.

Hadir dalam kegiatan itu 34 peserta yang merupakan perwakilan dari unsur dosen, para ustad dan ustadzah di pondok pesantren, guru, dan praktisi. Mereka adalah Dosen Prodi PPKn, PGSD, dan BK FKIP UAD, Dosen Fakultas Hukum UAD, Dosen Pendidikan Bahasa Arab dan PGMI UIN Medan Sumatera Utara, para asatidz dari Pondok Pesantren Daarun Najah Jakarta, Pesantren Daarussalam Ciamis, Pondok Pesantren Modern Gontor, IMMIM Makasar, dan Dayah Amal Jeumala Aceh, para guru PKn di SMP Muhamamdiyah, serta praktisi dari Kepanduan Hizbul Wathan, volunteer PMI Kota Yogyakarta. Disamping itu, hadir pula 2 orang peserta dari Patani Thailand.

Dalam sambutan resminya pada saat membuka acara, Wakil Rektor IV UAD, Prof. Dr. Sarbiran, menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama antara UAD dengan ICRC Jakarta. “Mudah-mudahan kerjasama ini benar-benar dapat meningkatkan kepekaan kita terhadap nilai-nilai kemanusiaan, dan mampu membelajarkan nilai-nilai itu kepada para peserta didik” imbuhnya.

Selama empat hari, para peserta diberikan pelatihan dan pendampingan dalam memahami dan mempraktikkan Eksplorasi Hukum Humaniter Internasional (EHH/Akhlak Kemanusiaan) bagi peserta didik. Hadir sebagai instruktur pelatihan adalah Zezen Zaenal Mutaqin dan Novriantoni Kaharudin dari ICRC Jakarta.

Sebagai kelanjutan dari kegiatan tersebut, Prodi PPKn, sebagaimana disampaikan Dra. Sumaryati, M.Hum, Ketua Prodi PPKn, telah menyusun rencana tindak lanjut, antara lain: Sosialisasi Eksplorasi HHI bagi sekolah mitra Pembimbingan PMR dan Alumni Prodi PPKn, pelaksanaan EHH dalam mata kuliah Hukum Humaniter dan Kepalangmerahan, dan pelatihan EHH bagi mahasiswa Prodi PPKn.

Secara resmi, kegiatan ditutup bersama oleh Ketua Prodi PPKn dan Mr. Andrew Smith, Perwakilan ICRC Jakarta. (dba)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA *