Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan kuliah umum “Menjaga Semangat Belajar Mandiri di Masa Pandemi Covid 19”. Kegiatan yang dilaksanakan pada 24 Desember 2020 tersebut menghadirkan Dr. Susan Fitriasari, M.Pd, Ketua Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia. Peserta adalah para mahasiswa, dosen, alumni, guru-guru dan pemerhati pendidikan lainnya. 600 peserta tercatat bergabung melalui zoom meeting dan kanal YouTube PPKn UAD.

Dikdik Baehaqi Arif, M.Pd, Ketua Prodi PPKn UAD dalam sambutannya menyebut bahwa Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung delapan bulan lebih perlu dibarengi dengan semangat belajar mandiri dari para peserta didik dan tenaga kependidikan. “Belajar mandiri bukan sekadar meminta peserta didik untuk belajar sendiri, tetapi bagaimana menciptakan prakarsa mereka untuk belajar” tukasnya.
Wakil Dekan FKIP, Dr. Dody Hartanto, M.Pd., yang hadir memberi sambutan dan membuka secara resmi mengapresiasi kegiatan dan pemilihan tema yang menurutnya sejalan dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan segera berakhir serta kegiatan akademik di semester genap UAD yang masih dilaksanakan secara daring.

Pembicara yang dipandu Syifa Siti Aulia, M.Pd menyebut “Di masa physical distancing ini, pada umumnya proses pembelajaran hanya bisa digunakan secara virtual, oleh karenanya kemandirian belajar bagi peserta didik sangat diperlukan untuk tetap menjaga kualitas belajar”. Di akhir pemaparannya, Dr. Susan mengajak pendidik untuk terus mendorong peserta didik agar tetap semangat melaksanakan tahap demi tahap proses pembelajaran.

Kuliah umum diakhiri dengan pembagian door prize untuk para peserta kuliah umum. Door prize yang diberikan berupa buku-buku hasil karya dosen Program Studi PPKn FKIP UAD dan buku karya Dr. Susan Fitriasari, M.Pd.